Jumat, 07 Juni 2013

karangan non ilmiah


Karangan nonilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri karangan nonilmiah:
a. ditulis berdasarkan fakta pribadi,
b. fakta yang disimpulkan subyektif,
c. gaya bahasa konotatif dan populer,
d. tidak memuat hipotesis,
e. penyajian dibarengi dengan sejarah,
f. bersifat imajinatif,
g. situasi didramatisir, dan
h. bersifat persuasif.

Aku Masa Depanku

Aku terlahir dari kelurga yang sederhana dan bahagia, bangga mempunyai kedua orang tua yang sangat luar biasa. Aku sangat bersyukur dilahirkan dari rahim seorang ibu yang sangat baik hatinya, lembut tutur katanya, bijaksana dalam mengambil keputusan, memahamiku tanpa aku bicara, beliau adalah mama, mama ku yang cantik. Aku juga sangat bersyukur mempunyai ayah yang begitu perhatian padaku. Aku sering mencurahkan kekesalanku, kebahagianku, kebingunganku, dan beliau begitu sabar dan selalu belajar untuk menjadi ayah yang mengerti akan kebutuhan anaknya bukan keinginan anaknya. Dan yang tidak pernah beliau lupa adalah, ketika bertemu denganku dia selalu mengatakan “I Love You”  lalu aku tersenyum  dan mengatakan  padanya “I Love You Too”.
Bagaimana tidak aku merindukan mereka setiap hari, mereka adalah orang tua merangkap sahabat terbaikku di dunia ini. Tiada kejujuran yang paling aku percaya kecuali kejujuran mereka, tiada ketulusan yang paling aku rasakan kecuali ketulusan mereka, tiada kebahagian yang paling membahagiakan kecuali kebahagian disaat mereka bersamaku, disisiku, memelukku, mengecupku, bercanda tawa denganku. Thanks God for everything…
Dikemudian hari aku akan berusaha sekuat tenagaku, sekuat kemapuanku, sekuat pengetahuanku untuk membahagiakan kalian. Aku ingin kalian bangga melihatku bisa berdiri sendiri, melangkah meraih mimpiku, kemudian kalian menghampiriku  memelukku erat dan dan mengatakan “aku bangga padamu nak”.
Setelah lulus kuliah, aku ingin menjadi pengusaha scarf. Aku ingin melanjutkan usahaku yang saat ini baru bisa menambah uang jajanku saja. Tapi aku yakin, jika aku fokus usaha ini akan berkembang pesat. Aku ingin membuat scarf dengan labelku sendiri yaitu La Siffa Scarf. aku ingin produksi sendiri, mulai dari membeli bahan, sampai menjadikan bahan itu menjadi scarf yang berkualitas dan orang bangga memakai scarf dari La Siffa Scarf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar